Cuci speda motor

mencuci mobil atau sepeda motor bagi sebagian besar orang adalah membosankan,
apalagi kalau tidak ada pendukung seperti kompresor, sulit membersihkan bagian yang kecil dan tersembunyi. ini tentunya menjadi kesempatan bagi kita yang ingin membuka jasa pencucian mobil dan motor.

target : apalagi kalau bukan pemilik kendaraan bermotor.
Langkah awal :
ilmu berbisnis yang pertama kali harus diperhitungkan adalah tempat, tempat dan tempat kata orang barat "lokasi". tempat yang cukup menampung pasien (mobil dan motor) serta disediakan sarana yang memiliki suasana yang nyaman bagi yang menunggu.
mempersiapkan alat:
pastinya yang pertama adalah kompresor, diikuti kain lap ember dan sebagainya yang sudah terlukis dibenak kita bersama.

Soal pegawai jangan dirisaukan, karena masih banyak pengangguran dibumi pertiwi ini dan so pastinya tidak perlu yang memiliki eahliah kusus, yang terpenting rajin dan teliti.

gambarannya begini:
harga cuci motor sekarang tembus hingga level 7000 rupiah dan sebertinya kurs tersebut akan naik dan hampir tidak bisa turun.
lain lagi dengan mobil yang locat 20 hingga 25.000 perunitnya (jasa cuci mobilnya maksudnya dan bukan harga mobilnya).

kendalanya : tak lain dan tak bukan yang terutama adalah persaingat. ettt jangan panik dimana-mana masalah ini tergantung selera konsumen, yang terpenting pelayanan oke tempat tunggu oke hasil cucian oke. oke pula labanya.

Analisa break even pointnya : tergantung dari harga sewa tempat karena ini faktor ukuran utama, bagus - bagus dapet gratisan lapak.he3x

sebagai contohnya gini aja
tempat : 10jt
kompresor : 7,5jt sudah lengkap dengan peralatannya
bahan baku seperti lap, kain, canebo, ember, ama pengkilap : 1.000.000
setting tempat supaya nyaman 2jt

biaya pasti
pegawai tergantung jumlah
diumpamakan 2 pegawai digaji @600rb juga ada yang seneng total 1,2jt
listrik dan bahan baku tidak sampai 500rb kok/bulan

total modal 20,5 juta, siapin 25jt nuat jaga2. itu yang sudah dilengkapi cuci mobil, kalau sekedar motor hitungan yang pasti berbeda. itung sendiri yahh....

BEP: kalau sehari ada 50 motor berarti sebulan ada 1500 x 7.000 = 10.500.000
gileee ga k sampe 3 bulan cuyy.. itu baru dari motor. mungkin ada yang bertanya apa bisa 50 motor sehari? ettt dari pada tanda tanya mending survei dulu. tongkrongin aja calon pesaing kita nantinya kalau tidak percaya. tembuh 70 motor rata2 malahan

dari cucian mobil ambill ambil aja terkusut eh salah terburuknya sehari cuma dapat 5, berarti tu sebulan dapat 150 x 20rb = 3.000.000

berarti dapat 13,5 juta dikurang pegawai dan tetek bengek lainnya 1.2jt + 500 = 1,7jt
13,5 - 1,7jt = 11,8jt masuk kantong kresek. siiip dah anda ingin mencoba

ket: maaf kalau bahasa berantakan dimaksudkan untuk tidak terlalu dibawa serius, keberhasilan bukan terletak hanya dari hitungan nya faktor lain pun menentukan seperti keuletan, pelayanan yang baik dan jangan lupa berdoa. karena dibalik semua itu takdir adalah jawabanya.

Powered by Blogger