Loudry

banyak dari kita yang menitipkan pakaian kepada jasa cuci pakaian, dan kali ini mulai dagang mencoba menelusuri jejak dari bisnis ini.
pengelola jasa laundry tidak perlu memikirkan secara rumit tentang usaha ini ia hanya membutuhkan mesin cuci, seterika, tempat, meja seterika, dan beberapa pendukung kecil lainnya.
dan pengelola tidaklah harus mengawasi pegawai, ini adanya catatan pembukuan dan kwitansi pembayaran dari pelangan. cukup mengecek pembukuan dan melihat persediaan bahan baku.

untuk memulai usaha ini tetap tempatlah yang jadi acuan pertama bila sudah dapat tempat yang strategis maka alat yang dibutuhkan antara lain:
  1. mesin cuci kira - kira seharga Rp4jt perunit jumlah yang dibutuhkan sesuaikan dengan kemampuan finansial dan lahan yang tersedia mengingat selain untuk mencuci perlu disediakan pula tempat untuk strika dan menjemur.
  2. seterika kira-kira seharga 250rb perunitnya sesuaikan dengan pembagian jumlah pegawai yang mengurusi hal ini.
  3. keranjang atau rak diperkirakan modal sekitar 500rb
  4. hangar atau biasa disebut gantungan baju bisa mengeluarkan biaya sekita 800rb untuk 1000buah.
masalah biaya oprasional ditentukan dari
  1. banyaknya karyawan yang dibutuhkan
  2. merk deterjen dan pewangi yang dipakai
  3. listrik
  4. air
untuk pendapatan yang pada umumnya pengusaha londry kecil memberi harga 3000/kilo, pengelola loundry perhari biasanya melebihi 30kg berarti mendapatkan 90rb minimalnya. dan perbulannya berarti 2.7jt itu yang pengusaha kecil dengan modal 2 mesin cuci.
yang besar tinggal anda hitung. dan ada baiknya bisnis ini hanya dijadikan bisnis sampingan karena tidak memerlukan pengawasan yang berlebih.

Powered by Blogger