Memiliki Keuangan Pribadi Yang Sehat

main_imgKondisi keuangan Anda akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan emosional, fisik, dan spiritual Anda. Pengaturan keuangan yang salah sering menjadi sumber berbagai masalah dalam hidup Anda. Anda harus membangun hubungan yang sehat dan jujur dengan uang sehingga sangat penting untuk menjaga kondisi keuangan Anda tetap sehat. Ada beberapa hal yang menjadi tanda bahwa keuangan Anda cukup sehat, sebagai berikut :

1. Anda memiliki kebiasaan menabung dan berinvestasi. Semakin Anda sadar dengan kebiasaan ini keuangan Anda akan semakin sehat. Jadi miliki tabungan di rekening bank Anda dan berinvestasilah dalam bidang properti, reksa dana dan lain-lain.

2. Anda berani mengambil risiko finansial. Risiko finansial bisa juga digolongkan sebagai langkah yang cerdas, misalnya jika Anda membeli rumah sebagai investasi, atau mencari cara-cara untuk memperoleh uang dari hobi Anda.

3. Anda memiliki tujuan keuangan. Tujuan Anda mungkin meningkatkan penghasilan menjadi sekian juta rupiah sebulan atau Anda tertarik pada sebuah investasi.

4. Anda memahami persoalan keuangan secara mendasar. Seperti asuransi kesehatan, dana pensiun, suku bunga, pajak penghasilan, dan lain sebagainya. Semakin Anda menguasai masalah keuangan, semakin sehat kondisi keuangan Anda, karena Anda tahu apa yang harus Anda lakukan dengan uang Anda.

Source : kompas.com/dan

Powered by Blogger