Membiasakan Diri Dengan Anggaran Anda

main_imgMembuat anggaran atau budgeting membutuhkan waktu dan kemauan yang kuat. Mungkin tidak selalu berhasil pada bulan-bulan pertama. Tetapi jangan takut jika Anda tak berhasil mencapai tujuan Anda karena semakin sering Anda melakukannya, Anda akan menjadi terbiasa membuat anggaran. Berikut adalah beberapa cara membuat anggaran jadi lebih mudah :

1. Tuliskan. Anda harus berusaha menulis baik pemasukan maupun pengeluaran sehingga Anda tidak akan melupakannya.

2. Jika Anda memiliki pemasukan lebih, Anda bisa membayar cicilan-cicilan yang cukup besar. Misal, membayar uang cicilan KPR, atau menyisakan untuk berlibur atau memberikan hadiah untuk orang terkasih.

3. Biasakan untuk berpikir ke depan. Jika Anda sudah mengetahui bahwa situasi akan berubah, misal bayi kedua akan lahir, kamar mandi perlu direnovasi, rencanakan ulang keuangan Anda.

4.Usahakan Anda tidak menimbun hutang. Jangan memakai kartu kredit terlalu sering.

5. Ketika penghasilan Anda meningkat, jangan berfoya-foya. Tetap bijaksana dalam mengunakan uang sampai Anda benar-benar yakin bisa selangkah lebih maju keluar dari kesulitan keuangan.

Kepandaian dalam mengatur keuangan akan makin terasah semakin Anda terus melakukannya. Mengubah kebiasaan finansial Anda akan mengubah hidup Anda.
Source : kompas.com/dan

Powered by Blogger