'Kantong Kering' Tidak Lagi Jadi Penyakit Anda

main_imgSaat ini, sebagian besar mahasiswa masih hidup dengan bergantung sepenuhnya pada uang kiriman orangtua. Kadang-kadang uang kiriman orangtua itu sudah menipis sebelum waktunya. Supaya hal ini tidak terjadi, maka mahasiwa harus bisa mengatur keuangan sebaik-baiknya.

Rencanakan lebih dahulu dengan mencatat pengeluaran, menyimpan kuitansi pembelian, dan membuat anggaran belanja terlebih dahulu.

Ada banyak cara bagi mahasiswa untuk mengatur keuangan mereka, salah satunya yaitu dengan bergabung dengan koperasi atau menabung di bank dengan suku bunga tinggi dan lebih bagus lagi bila tidak punya biaya administrasi. Membayar tagihan tepat waktu, jangan miliki kartu kredit terlebih dahulu, bila berbelanja pastikan memang ada uang sisa, dan hindari utang untuk kepentingan non-akademik.

Agar kehidupan kampus tidak boros, beli buku bekas atau Anda bisa pinjam saja. Bila Anda ingin menghemat, Anda tidak usah bawa mobil atau setidaknya pergunakan motor. Jangan hang out dengan orang boros karena Anda pasti ikut boros.

Semua hal di atas harus dimulai dari niat diri Anda. Rajin mempraktekkan metode di atas, mengembangkan diri, olahraga teratur sehingga setidaknya mengurangi hal-hal tak terduga. Makan makanan yang sehat, jauhi minuman keras, rokok, dll karena selain tidak baik buat kesehatan, hal tersebut juga mengurangi uang yang dikasih orangtua. Jika Anda punya pacar, pintar-pintarlah memikirkan kencan kreatif namun tidak mahal.

Yang terakhir adalah Anda mungkin dapat menghasilkan uang sendiri, asal tidak mengganggu kuliah Anda. Obat yang baik yaitu bergembiralah selalu karena gembira adalah obat bagi kesehatan. Rajinlah belajar, agar Anda dapat cepat selesai kuliah sehingga banyak mengurangi uang kuliah Anda.

Source : petra/lh3

Powered by Blogger